7 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Setelah Membuat Blog Baru

Admin


Banyak orang merasa bingung setelah membuat blog baru. Pertanyaan yang muncul dipikiran banyak orang "Apa yang harus saya dilakukan selanjutnya setelah punya blog baru ?". Hal ini yang sering dialami blogger pemula yang baru saja terjun di dunia blogging. Maka tak jarang pula, blogger pemula meninggalkan blog baru yang baru dibuatnya, karena tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.notangka

Oleh karena itu, bagi blogger yang ingin sukses maka harus tahu apa saja hal yang harus dilakukan setelah membuat blog baru. Hal ini bertujuan agar blog bisa mendatangkan banyak pengunjung dan bisa terkenal, sehingga akan membuat anda menjadi blogger sukses.

Berikut ini beberapa hal yang dilakukan setelah membuat blog baru :


1. Mengubah atau mendesain template blog anda sesuai selera dan topik blog

Ketika anda baru membuat blog,  pastinya blog baru anda masih menggunakan template bawaan blogger. Sebenarnya template bawaan blogger itu sudah simpel dan tidak terlalu berat. Namun, masih terlalu sederhana dan kurang menarik. 

Oleh sebab itu,  anda harus mengubah template blog lalu mendesainnya sesuai selera anda dan topik blog anda. Sebelum mengganti template blog, anda harus memilih template blog yang menarik, responsive, seo, dan fast loading agar disukai pengunjung dan mendapatkan tempat terbaik di google. 

2. Memasang widget blog

Widget blog adalah pelengkap blog yang akan memberi daya tarik bagi para pengunjung blog. Tapi, dalam memasang widget blog janganlah berlebihan karena akan memberatkan proses loading blog. Blog yang proses loadingnya berat/lama tidak akan disukai oleh pengunjung karena akan memakan banyak kuota dan waktu.

Pasanglah widget navigasi seperti artikel populer, arsip, label, related post, daftar isi, dll. Hal ini bertujuan agar memudahkan para pengunjung blog anda berjelajah di blog anda.

3. Memperkenalkan blog ke mesin pencari (Mbah Google)
Sebuah blog baru tentunya harus terindeks oleh google agar mendatangkan banyak pengunjung. Karena, jika blog tidak terindeks google maka akan sulit mendapatkan banyak pengunjung.

Maka dari itu, anda bisa mendaftarkan blog anda ke google webmaster agar lebih cepat terindeks oleh google dan cepat dikerumuni banyak pengunjung.

4. Memproduksi artikel blog yang berkualitas 

Jika blog baru telah dibuat, maka janganlah langsung terburu buru  menulis banyak artikel blog. Lebih baik, sedikit demi sedikit asalkan berkualitas. Dan yang penting bisa tetep konsisten dalam memproduksi artikel blog. 

Artikel blog berkualitas itu isinya unik, menarik, mudah dipahami, dicari banyak orang dan pastinya bukan hasil copas dari blog lain. Apabila blog anda berisi artikel berkualitas maka blog anda dan artikelnya akan tampil di halaman pertama google.

5. Meningkatkan SEO Blog

Kalau bicara dunia blogging, pasti tidak akan lepas dengan yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Ilmu SEO sangatlah patut dipelajari untuk menjadi blogger sukses.

Dengan mempelajari SEO maka blog dan artikel blog akan muncul dihalaman pertama google. Hal ini, tentu akan membuat banyak pengunjung berduyun duyun datang ke blog anda dan membuat blog terkenal.

6. Mempromosikan Blog dan Artikel Blog

Tersedia banyak tempat untuk mempromosikan blog artikel blog anda, bisa di dunia nyata maupun di dunia maya. Di dunia nyata bisa anda promosikan ke keluarga, temen dekat, rekan kerja, tetangga, dll untuk meramaikan blog anda.

Selain itu bisa juga di dunia maya, seperti promosikan ke media sosial (Facebook, Twitter, Google + , dll) atau juga bisa promosikan ke Sosial Bookmark (lintas.me, dll)

7. Melakukan Blogwalking

Blogwalking bisa diartikan secara gampangnya yaitu jalan jalan ke blog lain dan meninggalkan jejak (komentar). Dalam artian berarti kita mengunjungi blog orang lain dan akan sangat membantu dalam memperkenalkan blog anda.

Dengan melakukan blogwalking kita bisa mendapatkan referensi dan ide baru untuk postingan artikel kita berikutnya. Selain itu, juga bisa memperkenalkan blog baru anda sehingga mengundang para pengunjung blog yang anda kunjungi juga akan mampir ke blog anda.

Tapi dalam melakukan blogwalking, khususnya dalam berkomentar jangan sampai meninggalkan link hidup karena itu akan dianggap spam oleh pihak blogger dan pastinya komentar blog anda akan terhapus. Dan jangan pula berkomentar diluar topik blog yang anda kunjungi.

Kesimpulan


Dari uraian diatas, 7 hal yang harus dilakukan setelah membuat blog yang telah saya jelaskan perlu dilakukan untuk perkembangan blog dan agar bisa menjadi blogger sukses. Kita bisa ambil intinya dari hal yang harus dilakukan setelah membuat blog yaitu mempercantik blog, memaksimalkan keberadaan blog di mesin pencari, dan mempromosikan blog. 

Sebagai blogger yang mempunyai tujuan blognya banyak pengunjung dan bisa menjadi blogger sukses, maka kita perlu menerapkan langkah awal setelah membuat blog seperti diatas. 

Semoga apa yang saya jelaska diatas bisa bermanfaat, khususnya bagi blogger pemula yang masih bingung mengawali blog baru yang telah dibuat.


Genre :

Related Post

1 comment