Cara Mengecek Dan Mengetahui Kecepatan Loading Blog (Website) Anda

Admin


Tak jarang pengunjung blog males mengunjungi situs/blog yang loading blognya lama banget. Buang buang waktu, mending ngunjungi blog lain (pikiran para pengunjung blog). Loading blog yang lambat akan mengecewakan pengung blog dan juga akan menghilangkan pageviewer.

Bagi situs/blog yang punya loading cepat pasti akan mendatangkan banyak pengunjung blog dan disukai oleh mbah google. Maka dari itu,  anda harus mengetahui berapa kecepatan loading blog kita.

Berikut ini cara mengecek dan mengetaui kecepatan loading blog atau website anda :

Cara cek kecepatan loading blog di Google Pagespeed Insights :

Di Google pagespeed insights terdapat 2 jenis pengujian,  yaitu kecepatan blog/website pada perangkat seluler dan dekstop. Biasanya kecepatan blog/website pada perangkat seluler lebih lambat dibandingkan di perangkat dekstop. 

Kecepatan yang akan ditampilkan ini dinilai dari 1 - 100. Semakin tinggi nilainya maka semakin cepat loading blog/website anda. Kecepatan loading blog/website dianggap normal jika mendapatkan nilai 75. Dan kecepatan loading blog/website dianggap baik setidaknya harus mencapai nilai 85 - 100. 

2. Masukan url blog/web anda pada kolom yang telah tersedia dan klik "Analisa. 


Cara cek kecepatan loading blog di gtmetrik.com :

Di gtmetrik,  anda bisa mengecek kecepatan blog/website anda yang akan dinilai dengan presentase sampai 100%. Jika hasil cek kecepatan blog/website anda dibawah 70% itu bisa dikatakan lambat. Anda bisa menggunakan tool ini,  untuk mengecek 20 kali saja.

1. Kunjungi Gtmetrik

2. Lalu,  masukan url blog/web anda pada kolom yang telah tersedia dan klik "Analyze"



3. Dan lihatlah hasil cek kecepatan blog/web anda. 

Cara cek kecepatan loading blog di Pingdom Website Speed Test (Pingdom Tool) :

Pingdom tool ini tidak jauh berbeda dengan Gtmetrik. Namun,  bedanya di pingdom tool ini tidak ada batasan kita mengecek speed blog, tidak seperti Gtmetrik hanya 20 kali. Dan ada juga fitur khusus pingdom, dimana kita dapat untuk memilih ingin mengetest menggunakan server Amsterdam, Dallas, atau New York.

1. Kunjungi Pingdom Tools

2. Masukan url blog/web anda dan pilihlah server yang digunakan untuk mengetes loading blog/web anda. 


3. Terakhir,  klik "Start Test".

Demikianlah cara untuk mengecek dan mengetahui seberapa cepat loading blog/website anda.  Semoga bisa membantu dan bermanfaat. 

Terima kasih....

Genre :

Related Post

No comments