Cara Mudah Mengecek dan Mengetahui Postingan Artikel Blog Sudah Terindeks Oleh Mesin Pencari (Google)

Admin



Pasti semua blogger, baik para blogger pemula,  sedang,  atau mastah ingin agar artikel blog yang dibuat bisa terindeks oleh mesin pencari (Google). Karena, tanpa terindeks oleh google mustahil blog kita akan dikunjungi oleh para pembaca, kecuali keluarga dan teman sendiri. Dengan terindeks nya artikel blog kita oleh google, maka artikel blog kita akan banyak yang baca dan akan meningkatkan traffic blog. Maka tak heran jika,  banyak cara yang dilakukan agar postingan artikel blog bisa terindeks dan muncul di Google.

Dari semua alasan itu,  maka kita harus mengetahui apakah artikel blog kita sudah terindeks oleh google atau belum. Hal itu untuk akan menjadi pertimbangan jarak atau rentang waktu untuk menerbitkan postingan berikutnya. Karena,  jika kita banyak menerbitkan postingan artikel blog secara bertubi tubi tanpa artikel sebelumnya yang lebih lama belum terindeks oleh google, maka akan menyebabkan macetnya traffic blog kita. Dengan alasan "we detected your blog as potential spam". Jika telah terlanjur begini, jumlah visitor blog tidak akan melebihi jumlah postingan artikel blog. Misal,  suatu blog memiliki 200 artikel tapi pengunjungnya hanya 20 orang/hari. Hal ini sering dilakukan blogger pemula yang hanya ingin memperbanyak artikel tanpa mengecek apakah artikelnya tersebut telah terindeks oleh google. 

Maka dari itu,  pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara untuk mengetahui artikel sudah terindeks oleh google atau belum. Silakan diperhatikan dengan baik. 

Berikut ini cara untuk mengecek dan mengetahui postingan artikel blog sudah terindeks mesin pencari (Google) :

Copy Paste Link Url Postingan Blog

1. Copy link url postingan artikel yang akan anda cek dan pastekan di kotak pencarian Google. 

2. Jika artikel belum terindeks,  maka hasil penelusuran tidak cocok dengan dokumen apa pun (tidak ada hasil penelusuran). Seperti gambar dibawah ini :




3. Jika arrikel telah terindeks google,  maka akan terpampang artikel anda digoogle. Seperti gambar dibawah ini :



Mengetikan Judul Artikel dan Blog

1. Ketikan "Judul Posting Anda (spasi) On (spasi) Nama Blog Anda"di kotak penelusuran google. Jika sudah terindeks maka akan tampil artikel blog anda dan sebaliknya. 

Berikut cara mengecek dan mengetahui keseluruhan artikel blog yang sudah terindeks oleh mesin pencari (Google) :

Menggunakan Perintah Kata Kunci

1. Ketiklah suatu  perintah kata kunci "site:nama_blog_anda" tepat di kotak penelusuran Google. Jika sudah terindeks semua,  maka akan muncul seluruh postingan artikel blog anda dan sebaliknya. 




Menggunakan Google Webmaster Tools (Search Console) 

1. Masuklah menggunakan akun Google Webmaster anda, pilihlah blog atau website yang akan dilihat. 

2. Pilihlah Google Indeks pada menu dan klik " Status Indeks ". Di dalam status indeks ini akan ditampikan jumlah postingan artikel yang terindeks oleh google. 


Demikianlah cara mengecek dan mengetahui postingan artikel blog sudah terindeks oleh Google. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat yah. 
Terima Kasih... 

Genre :

Related Post

No comments