Panduan Lengkap Belajar Ngeblog di Blogger Cocok Bagi Pemula

Admin


Tak sedikit, dari teman saya yang tertarik untuk belajar ngeblog tapi bingung harus bagaimana memulai petualangan di dunia blogging. Sebenarnya, sampai sekarang pun saya masih haus dan perlu banyak belajar di dunia blogging. Semenjak SMP, saya sudah punya blog dan tahu sudah cukup banyak berjelajah di dunia blogging dibandingkan dengan teman teman saya. 

Maka,  tak heran jika saya banyak mendapat pertanyaan ini itulah mengenai cara dan langkah untuk ngeblog dari teman saya. 

Hal itulah yang menjadi alasan saya menulis panduan belajar ngeblog di blogger bagi para pemula yang mau terjun didunia blogging. Panduan ini tentunya cocok sekali bagi sobat yang bingung cara dan langkah ngeblog, seperti yang banyak teman saya alami. 

Disini saya akan membagi postingan saya, menjadi beberapa poin pembahasan belajar ngeblog, antara lain :

1. Mengenal Tentang Blog 
2. Alasan Ngeblog di Blogger
3. Langkah memulai ngeblog
3. Cara Membuat Blog di Blogger
4. Mengenal dan Memahami Menu  Menu di Blogger
5. Cara Mudah Untuk Memberi Label dan Memposting Artikel Blog di Blogger
6. Cara Untuk Memasang atau Mengganti Template Blog 
7. Cara Mengganti Judul dan Deskripsi Blog
8. Cara Untuk Memasang Widget pada Blog di Blogger
9. Cara Memperkenalkan Blog

Mengenal Tentang Blog

Apabila sobat masih baru nih,  pastinya istilah "Blog" terasa asing ditelinga. Tapi, tenang disini saya akan menjelaskan versi gampangnya aja. 

Blog (Web dan Log) yaitu salah satu jenis website berisikan konten (tulisan,  gambar, video, dll) yang ditulis secara berkala dan bisa diakses oleh seluruh penjuru dunia. 

Fungsi awal blog yaitu memudahkan seseorang menulis catatan pribadinya di internet. Tapi,  sekarang fungsi blog bermacam macam. Mulai dari catatan atau curhatan pribadi,  berbagi ilmu pengetahuan,  berbagi informasi dan pendapat pribadi,  jualan produk, dll. 

Jenis jenis Blog :
1. Blog politik: Blog yang berisikan berita politik,  aktivis,  dan semua masalah masalah politik. 
2. Blog pribadi: Blog yang berisikan tentang kisah atau cerita,  curhatan,  pengalaman hidup seseorang. 
3. Blog bertopik: Blog yang isinya membahas suatu bahasan tertentu dan fokus terhadap suatu yang dibahas tersebut. 
4.Blog kesehatan: Blog yang berisikan tentang kesehatan,  seperti informasi kesehatan,  berita kesehatan terbaru,  keluhan para pasien,  dll. 
5. Blog pendidikan: Blog yang berisikan ilmu sekolah yang ditulis oleh siswa atau guru. 

Istilah istilah dalam dunia blogging :
1. Blogger : Sebutan bagi seseorang yang menulis, mengurusi atau mengelola suatu blog. 
2. Blogging : Suatu kegiatan atau aktivitas menulis postingan artikel blog yang dilakukan oleh seorang blogger. 
3. BlogWalking : Kegiatan saling kunjung mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan jejak, seperti komentar pada blog. 

Manfaat Ngeblog :
1. Dapat melatih kemampuan menulis dan menyampaikan pemikuan atau pendapat
2. Mempunyai peluang menjadi blogger sukses
3. Bisa Mendapatkan penghasilan (uang) tambahan
4. Mendapatkan banyak teman baru

Alasan Ngeblog di Blogger

Blogger yaitu salah satu platform blog yang dimiliki dan menjadi andalan Google. Blogger bisa digunakan secara gratis dan tentunya mudah dalam penggunaannya. Sampai saat ini,  di Indonesia masih senang menggunakan blog di blogger dan menjadi favorite para blogger. 

Kenapa sih milih ngeblog di blogger? Kan, banyak platform blogging yang lain? 

Mungkin pertanyaan diatas,  yang sempat terlintas dipikiran sobat ketika baru mulai ngeblog. Tentunya,  alasan banyak orang memilih blogger karena ada beberapa kelebihan dari blogger, antara lain :

1. Yang penting Gratis
2. Mudah untuk digunakan dan dikelola
3. Template blog bisa dimodifikasi sesuai keinginan sendiri. 
4. Bisa membuat banyak blog dari satu akun gmail. 
5. Dikelola oleh raksasa internet yaitu Google. Jadi,  sangat kecil kemungkinan blogger akan ditutup karena ada suatu masalah.

Langkah Memulai Ngeblog

1. Tentukan tujuan ngeblog
Agar blog tetap berjalan dan tetap konsisten ngeblog,  maka sobat harus punya tujuan ngeblog yang jelas. Jika sobat tidak punya tujuan ngeblog dari awal, maka saya yakin blog akan kacau tidak tahu arah pembahasan,  dan akan tidak terurus. 

2. Pilih topik blog yang sobat minati
 Apa aja hal atau topik yang sobat minati? 
Dengan berpedoman topik yang sobat minati,  ini akan menentukan niche blog sobat yang akan dibuat. Pikirkan secara matang topik yang sobat minati,  karena jika topik blog tidak sobat suka dan tidak minat maka blog sobat hanya bertahan sebentar saja (materi blog tidak sobat kuasai).

Misal saja,  saya memulai blog dengan niche tentang kesehatan dan kecantikan mungkin blog ini tidak akan bertahan sampai sekarang,  karena saya tidak menguasainya. Makanya,  saya memilih niche blog tentang tutorial blogging (krn hoby saya menulis + ngeblog).

Sebaliknya,  jika sobat benar benar menguasai topik blog sobat yang akan dibuat, tentunya pembahasan materi diblog akan lebih dalam dan jika ada pengunjung yang bertanya sobat bisa menjawab. Oleh karena itu,  sobat harus terlebih dahulu memikirkan secara matang, topik blog yang akan sobat buat. 

3. Membuat Akun Gmail dan Blogger
Setelah,  sobat tahu topik dan niche blog yang akan sobat buat, silakan bagi yang belum punya akun gmail bisa buat dulu . Dan bagi yang sudah punya akun gmail langsung membuat akun blogger

4. Memilih layanan ngeblog dan membuat blog
Sekarang ini,  sudah banyak sekali layanan pembuat blog seperti blogger,  wordpress,  tumblr,  dll. Semua layanan pembuat blog tersebut,  masing masing punya kelemahan dan kelebihan. Tapi dari semua layanan itu, menurut saya Blogger adalah pilihan tepat untuk belajar ngeblog. Di sisi lain,  blogger juga gratis,  mudah digunakan,  dan langsung dikelola oleh Google. 


Cara membuat blog di blogger

Syarat wajib yang harus dipenuhi sebelum sobat membuat blog di blogger, sobat harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Bagi yang belum punya akun gmail sebaiknya baca disini dan segera membuat akun gmail. Bagi sobat yang sudah punya akun gmail langsung aja ke tancap gas menuju ke blogger

1. Masuklah ke blogger dengan akun gmail milik sobat. 
2. Pilih "Buat Blog Baru"
3. Isilah data blog yang akan sobat buat
  •  Judul : judul atau nama blog sobat
  • Alamat : tulislah alamat url blog yang anda buat. Misal : ajisarkoemit.blogspot.com
  • Template : Silakan sobat memilih tema atau template blog yang sobat buat

4. Dan terakhir,  klik "Buat Blog".

Untuk mengetahui cara membuat blog yang lebih lengkap disertai gambar,  bisa klik Disini

Mengenal dan Memahami Menu Menu di Blogger

Di dasbor blogger sobat,  tepatnya disebelah kiri terdapat beberapa menu menu blogger. Setiap menu blogger ini mempunyai isi dan fungsi berbeda beda. Maka dari itu,  sobat harus sobat ketahui agar memudahkan ngeblog kedepannya. 
Berikut ini menu menu di blogger :


Keterangan :
1. Posts : Di dalam menu posts ini, sobat bisa melihat dan mengetahui jumlah postingan blog sobat yang telah diterbitkan maupun yang masih dalam bentuk draft. Melalui menu ini juga,  sobat bisa memilih postingan blog sobat untuk diedit, dilihat,  dibagikan,  dan dihapus. 

2. Statistik : Di dalam menu statistik ini,  menampilkan data kunjungan ke blog. Sobat bisa melihat data statistik pageview blog sobat per hari/bulan, sumber datangnya pengunjung,  dan negara yang mengakses blog sobat. 

4. Komentar : Dari menu komentar inilah, sobat bisa melihat secara jelas semya komentar yang masuk ke blog sobat, baik komentar yang belum dimoderasi, komentar yang telah dipublish,  maupun komentar spam. 

5. Kampanye : Di menu kampanye ini,  bisa sobat gunakan untuk mwngiklankan blog dengan menggunakan Google Adwords tapi ini memerlukan biaya atau berbayar. 

6.Laman (Pages) : Laman ini adalah halaman statis. Biasanya laman digunakan untuk membuat about me,  contact,  daftar isi (sitemap),  disclaimer,  privacy policy,  dll. 

7. Tata Letak : Di menu Tata Letak ini banyak sekali manfaatnya. Sobat bisa menambahkan gadget atau widget untuk memperindah tampilan blog. 

8. Tema (Template) : Di menu Template ini,  sobat bisa mengatur atau mengutak utik template blog anda. Bisa juga untuk mengganti template blog. 

9. Setelan : Di dalam menu Setelan ini, sobat bisa mengatur judul dan deskripsi blog sobat,  alamat blog atau domain,  pos dan komentar,  sampai web analytic.

Cara Memberi dan Memposting Artikel Blog Di Blogger

Cara Untuk Memberi Label Postingan Artikel Blog :

Label atau kategori ini mengkategorikan atau mengumpulkan postingan artikel yang memiliki hubungan atau sejenis. Tujuan pemberian label ini agar terlihat rapi, mudah dicari,  dan bisa berantakan (karena sudah dikumpulkan menjadi satu kategori).

1. Lihatlah disebelah kanan tempat sobat menulis postingan artikel blog dan klik "Label"
2. Tulislah label atau kategori potingan artikel sobat. Misalkan postingan artikel sobat tentang "Facebook" maka bisa sobat tulis label "Media Sosial".
3. Dalam memberi label,   satu postingan artikel sobat bisa diberi label banyak. Dengan kata lain,  bisa masuk banyak kategori. Caranya tinggal memisahkanya dengan tanda koma. 
4. Dan terakhir jika sudah, klik "Selesai"

Untuk mengetahui cara memberi label pada postingan artikel blog lebih lengkap disertai gambar, silakan klik Disini

Cara Untuk Memposting Artikel Blog di Blogger :

Setelah sobat selesai menulis artikel (telah diedit terlebih dahulu) dan memberi label, maka artikel blog sobat siap diposting atau dipublikasikan. Memposting artikel blog pun bisa dilakukan melalui perangkat seluler dan dekstop. 

1. Masuklah ke blogger dan dasbor sobat. 
2. Klik "Entri Baru" dan tulislah artikel sobat (saya anggap sobat telah selesai menulis dan mengedit artikel) 
3. Untuk percobaan penampilan artikel blog,  silakan klik "Pratinjau"
4. Jika sudah benar benar yakin, silakan klik "Publikasikan"

Untuk mengetahui cara memposting artikel blog lebih lengkapnya dan disertai gambar, silakan klik Disini

Cara Memasang atau Mengganti Template Blog :

Sebenarnya diblogger telah tersedia template bawaan blogger. Tapi,  tamplate blogger sangat sederhana sedangkan sobat ingin tampilan blog bagus dan keren. Maka hal yang perlu sobat lakukan adalah mengganti template blog sobat. Sebelum mengganti template blog,  sobat harus mendownload template blog yang sobat inginkan. 

1. Download dan simpan dulu template blog tang sobat inginkan, kemudian ekstrak file template (xml) 
2. Masuk ke blogger dan dasbor sobat
3. Pilih menu Tema/Template dan klik "Backup/Cadangkan" dipojok kanan atas
4. Klik "Pilih File" dan cari file hasil ekstrak tadi (xml) 
5. Dan yang terakhir,  klik "Upload"

Untuk mengetahui cara memasang atau mengganti template blog yang lebih lengkap disertai gambar bisa dibaca Disini

Cara Untuk Mengganti Judul dan Deskripsi Blog

Kadang sobat ketika membuat blog hanya mengisikan judul dan deskripsi blog asal saja, yang penting blog sudah jadi. Suatu ketika,  barulah sobat tersadar bahwa judul dan blog sobat tidak sesuai dengan isi blog sobat. Maka dari itu,  sobat perlu mengganti judul dan deskripsi blog sobat. 

1. Masuklah ke blogger dan dasbor sobat. 
2. Pilih menu setelan dan klik "Dasar"
3. Kemudian disisi atas sedikit,  klik "Edit" lada judul dan deskripsi blog. Silakan sobat ganti judul dan deskripsi blog sobat. 
4. Jika sudah,  klik "Simpan Perubahan"

Untuk mengetahui cara mengganti judul dan deskripsi blog secara lengkap disertai gambar,  bisa dibaca Disini


Cara Memasang Widget Blog di Blogger

Widget blog itu sebuah aksesoris/pelengkap blog yang membuat blog lebih indah dan menarik. Sehingga,  akan banyak memancing para pengunjung blog. 

1. Masuk ke blogger dan dasbor sobat. 
2. Pilihlah menu "Tata Letak" dan Klik "Tambahkan Gadget"




3. Pilihlah widget yang akan ditampilkan dan ikutilah perintah selanjutnya. 
4. Jika sudah selesai, terakhir klik "Simpan"



Cara Memperkenalkan Blog

Cara Memperkenalkan Blog ke Mesin Pencari (Google)

Suatu blog tidak ada makna jika tidak ada pengunjung blog yang mengunjunginya. Agar ada pengunjung blog maka blog haruslah muncul di mesin pencari (Google). Kalau blog tidak muncul digoogle, rasanya sulit blog bisa mendapatkan pengunjung. 

1. Silakan  masuk ke akun gmail sobat
2. Kunjungi Google Submit Url
3. Silakan copy url blog sobat dan pastekan di kolom yang teesedia. 
4. Silakan centang kotak kecil disamping reCaptcha dan silakan sobat jawab perintah kode captcha yang akan muncul.
6. Jika sudah semua,  klik "Submit Request". 
7. Apabila,  muncul tulisan diatas berwarna kuning, berbunyi "Permintaan anda telah diterima dan akan diproses" itu berarti blog anda akan segera terindeks oleh google.

Cara Memperkenalkan Blog Ke Media Sosial

Media sosial,  seperti Facebook,  Twitter, dl kini sedang trend dan populer. Hal ini bisa sobat manfaatkan untuk memperkenalkan blog sobat dengan cara gabung di grup komunitas blogger. Dan share setiap postingan artikel blog baru sobat ke media sosial (grup komunitas blogger) 

Cara Memperkenalkan Blog Dengan Blog Walking

Guna memperkenalkan blog maka sobat perlu mengunjungi blog terkenal dan berkomerlah disana (dgn memberitahu blog sobat).  Hal ini akan dilihat oleh para pengunjung blog terkenal tersebut,  dan mungkin saja para pengunjung tersebut mengunjungi blog sobat. 

Cara Memperkenalkan Blog Ke Teman atau Rekan Kerja

Caranya gampang, tulislah alamat blog sobat dialat alat sekolah atau kantor sobat. Barangkali, ketika teman/rekan sobat meminjam atau memakai alat alat sobat, maka kemungkinan teman/rekan sobat akan penasaran dan mengunjungi blog sobat. Atau bisa langsung to the point aja, bilang ke teman/rekan kerja sobat tentang blog sobat. 

Penutup dan Kesimpulan

Belajar ngeblog itu bukanlah hal yang sulit jika kita mau berusaha keras dan konsisten. Nikmatilah prosesnya,  jangan terlebih dahulu memikirkan hasilnya. Anggap hasil adalah sebuah hadiah dari proses yang kita lalui. Hasil tak akan mengkhianati proses. 

Demikianlah,  panduan belajar ngeblog ini saya buat. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi yang baru belajar ngeblog. 

Terima kasih.. 



Genre :

Related Post

No comments